Ulasan Lengkap Jalur Pendakian Gunung Guntur



Gunung Guntur – Semerunya Jawa Barat

melayani trip adventure murah
Gunung Guntur
Penampakan Puncak Bayangan Puncak Satu dari pos 3 Gn. Guntur
Great Trip !!! Great Adventure !!!
Salam lestari kawan adventure, kalau kita mendengar kata Semeru pikiran kita sering teringat pada film 5 CM yang cukup fenomenal di kalangan pecandu ketinggian. Sebagaimana kita tahu jalur pendakian menuju mahameru merupakan jalur pendakian yang cukup berbahaya karena harus melewati jalur tanjakan yang cukup ekstrim, berpasir dan berbatu yang sewaktu-waktu dapat mengancam keselamatan jiwa pendaki. Butuh ketahanan fisik, konsentrasi tinggi dan nyali baja untuk menjejakkan kaki di puncak Mahameru.

 
Namun kawan adventure, kali ini saya tidak akan membahas tentang Semeru yang berada di Malang - Jawa Timur, akan tetapi kami akan mengajak kawan adventure menjelajah gunung yang memiliki kemiripan dengan tanjakan menuju mahameru, yaitu Gunung Guntur yang berada di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Tidak seperti Semeru, Gunung Guntur termasuk gunung yang tidak begitu tinggi, yakni hanya 2249 mdpl, maka kadang kawan adventure ada yang menyebut gunung ini dengan sebutan “si pendek yang nyebelin”.
Percaya ga tuh? Mau buktiin ayo bareng ke sana dalam agenda pendakian Guntur. Update terus infonya di sini ya.
Gunung Guntur apa banyak petir di Gunung nya???
Mendengar kata Guntur mungkin pikiran awal adalah sebuah istilah tentang kilat atau petir yang menyambar dengan suara yang menggelegar. Memang gunung ini pernah di hebohkan dengan kecelakaan pendaki gunung yang terkena petir di puncak bayangan pada tahun 2014 lalu. Namun nama Guntur tentunya bukan karena alasan itu,  Gunung Guntur pernah berpredikat sebagai gunung berapi paling aktif di Pulau Jawa pada kurun waktu 1800-an, dan masih aktif normal hingga saat ini. Gunung Guntur yang memiliki ketinggian 2249 mdpl ini juga memiliki sejuta pesona yang akan membuat siapa pun yang mengunjunginya berdecak kagum akan keindahannya. Gunung ini pertama didaki oleh pendaki berkebangsaan prusia – Jerman, Frans Junghun pada tahun 1837. Pada saat itu Junghun memasukkan gunung ini pada golongan gunung – gunung api paling aktif di Jawa. Gunung ini memiliki dua sumber mata air, yaitu sumber air panas yang mengalir ke Cipanas yang kemudian dimanfaatkan sebagai wisata pemandian Cipanas, dan yang satu lagi sumber air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citiis.
Gunung Guntur berada di wilayah kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut yang berjarak 7 kilometer dari Garut Kota. Gunung Guntur ini adalah gunung aktif vulkanik, yang memiliki kemiripan trek dan jalur serupa dengan jalur menuju puncak Semeru atau Mahameru, pasir berbatu, savana dan tanjakan yang memiliki kemiringan yang sangat curam merupakan sajian utama yang menghiasi jalur track pendakian ini. Keindahan yang memukau dan  mempunyai kawah yang berada di sekitar puncaknya. Dari puncaknya terlihat di hamparan Kota Garut nan indah dari kejauhan. Apalagi pada malam hari yang cerah seolah tebaran bintang bukan hanya ada di angkasa, namun juga berjatuhan menempel di hamparan Kota Garut . Gunung Guntur ini mempunyai beberapa puncak, yakni puncak bayangan puncak pertama, puncak kedua dan puncak tiga sebagai puncak tertinggi.
Dalam lingkungan hutan gunung guntur terdapat lembah lembah, air terjun, sungai-sungai berair jernih dan kawah di puncaknya. Karena karakteristiknya yang unik Gunung Guntur sering dijadikan tempat naik gunung bagi para penggiat alam terbuka, tempat berkemah dan hiking para pandu atau pramuka.

Letak & Rute Perjalanan Menuju Guntur
Posisi dan letak Gunung Guntur menurut GPS berada pada Koordinat : 7 10′ 47″ S, 107 51′ 47″ E. Dan berada pada wilayah administratip Kecamatan tarogong kaler, Kabupaten Garut. Untuk mencapai lokasi Gunung Guntur anda  mencapainya dari arah kota Garut yaitu dari terminal Guntur yang berjarak 5 kilometer. Dari terminal Guntur ini Anda bisa menggunakan angkot atau dengan angkutan tradisonal atau angkutan carteran dengan Tujuan Cipanas. Transportasi ini hanya ada dan beroperasi mulai pagi jam 5 sampai jam 7 malam.
Pendakian ke puncak/kawahnya dapat dilakukan dari Kampung Citiis sebelah selatan Gunung Guntur, dengan waktu tempuh 3 – 4 jam. Untuk menuju Kampung Citiis bisa dilakukan dari Kota Garut (3 km) dengan menggunakan kendaraan roda 4 (empat).
Keterangan Umum
Nama : G. Guntur
Nama Lain : Gunung Gede
Nama Kawah : Kawah Guntur
Tipe Gunungapi : Strato

Jalur Pendakian Gunung Guntur
Untuk mendaki gunung guntur, kawan adventure bisa melalui jalur curug citiis, yang berada di kampung citiis, kecamatan Tarogong kaler, Kabupaten Garut. Jalur pendakian ini merupakan jalur terpendek dan termudah yang ditemukan oleh Frans Junghun. Jalur ini selain melewati air terjun atau curug citiis, anda juga akan melalui lokasi penambangan pasir citiis yang beroperasi sejak tahun 1960 an.
Dari gerbang desa citiis, kawan adventure bisa melanjutkan perjalanan menuju kampung citiis dengan menumpang ojek, atau bisa juga dengan berjalan kaki. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 15 menit dengan menggunakan ojek. Kemudian kawan adventure harus ke rumah kepala desa terlebih dahulu untuk melakukan perizinan, menyerahkan fotokopi KTP dan uang retribusi pendakian. Untuk menambah perbekalan pendakian, kawan adventure bisa sekalian membeli logistic disekitar basecamp, karena sekarang sudah banyak warung kecil yang biasa digunakan para pendaki sebagai tempat rehat sementara.
Setelah selesai mengurus perizinan, kawan adventure melanjutkan perjalanan menuju lokasi penggalian pasir. Di sekitar lokasi penggalian pasir ini, terdapat jalan agak lebar yang biasa digunakan truk truk pasir untuk keluar masuk. Sebagian bercabang, jadi sebaiknya kawan adventure banyak bertanya pada penambang – penambang pasir arah yang menuju ke jalur pendakian. Sekitar 30 menit dari kampung citiis, kawan adventure akan menemui pipa saluran air di aliran sungai kecil disisi kanan jalan. Pipa itu bisa kawan adventure jadikan patokan jalur pendakian. Ikuti alur pipa tersebut, melewati hutan yang rindang dan ladang – ladang penduduk sampai kawan adventure menjumpai curug citiis.
Curug Citiis
Suasana disekitar curug citiis begitu sejuk. kawan adventure bisa mendirikan tenda dikawasan tersebut. Tempat itu bisa menampung kurang lebih 2 -3 tenda. Selain itu juga terdapat sebuah shelter kecil yang bisa kawan adventure gunakan untuk beristirahat. kawan adventure bisa menambah persediaan air ditempat ini, karena setelah ini, kawan adventure akan kesulitan menemukan mata air di sepanjang jalur pendakian.

 Edelweis yang tumbuh di savana tanjakan tanpa ampun Gunung Guntur
Selepas curug citiis, kawan adventure harus naik kearah padang savanna, bukan lagi jalur hutan seperti sebelumnya. Jadi aliran sungai haruslah berada di sisi kanan jalur pendakian. Disinilah tantangan dimulai, tanjakan terjal dan berbatu merupakan jalur yang akan kawan adventure lewati selepas kawasan air terjun. Saya sarankan agar kawan adventure menggunakan baju atau kaus berlengan panjang. Selain untuk melindungi dari sengatan sinar matahari, juga untuk melindungi kulit dari sayatan semak dan ilalang yang tumbuh disepanjang jalur pendakian. Kira – kira satu jam selepas air terjun citiis, anda akan menjumpai sebuah area yang cukup “teduh” dan dapat menampung sekitar 2 buah tenda. Anda bisa beristirahat disini atau melanjutkan perjalanan.
Tidak jauh berbeda dengan kondisi sebelumnya, medan yang akan kawan adventure lalui didominasi tumbuhan jenis ilalang dan semak dan pepohonan yang kering merangas tanpa daun. Tampak pula pepohonan yang batangnya hitam seperti habis terbakar. Dikanan kiri jalur kawan adventure akan melihat bekas aliran lava yang telah membeku. Medan pendakian semakin lama semakin menanjak dengan kemiringan berkisar antara 45 – 75 derajat. Jika anda mendaki di siang hari dengan teriknya sinar matahari, anda akan merasakan betapa panasnya berjalan di punggungan Gunung Guntur ini.
trip murah garut
Semakin mendekati puncak pertama, jalur yang akan kawan adventure lalui semakin terjal dan gersang. Medan yang kita lalui pun didominasi campuran antara tanah, pasir dan kerikil, sehingga jika kawan adventure tidak pintar – pintar memilih jalan kawan adventure akan mudah terperosok ke bawah karena jalur yang licin. Saat melewati jalur ini, mungkin kawan adventure akan teringat jalur plawangan yang menuju puncak slamet, atau jalur pendakian menuju puncak mahameru, kondisi jalur yang licin dan curam, serta minim pegangan untuk menahan tubuh agar tak terperosok kebawah.
agen trip murah 0812-8102-2332
 Pohon pinus yang biasa digunakan oleh para pendaki untuk berteduh kala pendakian di siang hari
agen adventure murah 081281022332 #GTGA
 Kemiringan ini bukan rekayasa, kawan adventure bisa liat kearah mana pohon-pohon itu berdiri
Mendekati puncak pertama, kawan adventure akan melalui sebuah pohon cemara yang cukup besar. Pohon ini sebenarnya sudah terlihat dari bawah, karena tidak ada lagi sesuatu yang menghalangi pandangan kita ke atas. Setelah melewati pohon ini, kira –kira 15 menit kemudian, kawan adventure akan menemui sebuah batu besar. Lalu 15 menit dari batu besar tersebut, kawan adventure akan tiba di puncak pertama. Total waktu untuk mencapai puncak pertama dari curug citiis adalah 2 – 2.5 jam.
Puncak Pertama
Dipuncak pertama ini, ada lokasi yang terletak sebelum bibir kawah yang bisa kawan adventure jadikan tempat untuk mendirikan tenda. Tapi pastikan pasak tenda kawan adventure terpasang dengan kuat, karena dikhawatirkan ada angin yang sewaktu – waktu bertiup kencang. Kawah Gunung Guntur berada di sebelah kiri kawan adventure. Berhadapan dengan Gunung Cikuray yang terlihat menjulang tinggi. Dari puncak pertama ini kawan adventure dapat melihat pemandangan kota garut, areal pemukiman, persawahan, situ bagendit, komplek pemandian Cipanas dengan jelas. Puncak kedua juga terlihat dengan jelas beserta jalurnya.
Menuju puncak kedua, kawan adventure akan melintasi lembah yang jalurnya cukup landai, sebelum akhirnya menanjak kembali. kawan adventure  berjalan melipir punggungan kawah, kemudian belok kanan menanjak daerah terjal, dengan kemiringan sekitar 4 derajat. Punggungan yang kawan adventure lintasi berupa padang savanna yang cukup luas dengan pemandangan yang cukup indah. Medan terjal tersebut berupa tanah vulkanis yang hangat, gembur, licin, dan di beberapa tempat tanahnya lembek bila diinjak. Perjalanan dari puncak pertama menuju puncak kedua memerlukan waktu sekitar 30 menit.

 savana yang menjadi primadona jalur pendakian dengan beberapa edelweis yang tumbuh diantaranya
jasa agen trip murah garut
 sebuah petualangan yang menyita adrenaline, tenaga dan waktu
Puncak Kedua
Seperti halnya puncak pertama, areal puncak kedua juga di dominasi padang savanna. Berada di antara puncak pertama dan puncak tertinggi gunung guntur. Padang savanna memisahkan kedua puncak tersebut dan menampakkan pemandangan yang sangat menarik. Beberapa jenis tanaman jenis cantigi yang tumbuh terbatas ikut menambah pesonanya. Gunung –gunung berhutan rimbun disisi gunung guntur dan dibatasi lembah serta jurang – jurang yang menganga dalam pun ikut menambah daya tarik disekitarnya. Di puncak ini terdapat seperangkat peralatan dan pagar kawat yang sudah rusak. Perlengkapan tersebut tampaknya bekas alat untuk memantau keadaan gunung guntur. Dari sini, puncak tertinggi gunung guntur terlihat dihadapan kawan adventure. Jalur menuju ke puncak tertinggi itupun terlihat dengan jelas.
Nah, setelah puas menikmati pemandangan dan melepas lelah di Puncak kedua, kawan adventure bisa melanjutkan pendakian menuju puncak tertinggi gunung guntur. Dari puncak kedua ini, jalur yang akan anda lewati tidak jauh berbeda dengan jalur dari pucak pertama menuju puncak kedua. Kanan kirinya merupakan padang savanna yang luas. Beberapa tanaman termasuk jenis cantigi juga bisa anda temui disini. Setelah sedikit menurun, jalur yang anda lalui akan menanjak terjal dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Tidak sampai 40 menit dari puncak pertama, anda akan sampai di puncak tertunggi gunung guntur (2.249 mdpl)
Puncak Tertinggi
Area puncak gunung guntur cukup datar dan memiliki luas kira – kira 2 kali lapangan Voli. Disini terdapat seperangkat peralatan yang berfungsi untuk memantau aktivitas gunung api. Anda juga bisa melihat anggunnya Gunung Cikurai dengan sangat jelas. Pemandangan dari puncak Gunung Guntur sangat menakjubkan, sehingga perjalanan berat melintasi medan yang sulit dan melelahkan seakan terbayar dengan keindahan yang anda saksikan. Kawan adventure bisa membuktikan sendiri datang kesini bersama dengan tim kami Great Trip Great Adventure Indonesia ( GTGA_ID ). Hubungi admin untuk reservasi, … sampai ketemu di kopdar open trip pendakian Gunung Guntur, …

Jaga, lestarikan & kenalkan terus keindahan Alam Indonesia

#greattrip ! #greatadventure !
#gtga #gtga_id
Komunitasnya pemuda petualang Indonesia
pinBBM : 580FD7A9
WA 0812-8102-2332

Postingan Populer